Sabtu, 09 November 2013

Root Untuk Semua Android

       Root merupakan sesuatu yang sangat penting bagi para pengguna android, karena jika seseorang ingin masuk ke dalam System android maka kita harus memiliki izin khusus seperti SuperUser, atau SuperSu dll. Untuk mendapatkan izin dari SuperUser, perangkat android kita harus sudah tar-root untuk memmunculkan SuperUser-nya. Nah tidak sedikit orang mungkin yang kebingungan untuk mendapatkan akses SeperUser atau untuk me-root perangkatnya, bahkan mungkin banyak yang mempercayakan perangkatnya dirootkan ke orang lain seperti ke tukang servis handphone atau konter-konter yang memberikan jasa rooting perangkat android. Dan biayanya cukup bervariasi di tiap daerah. Sebelum kita mempercayakan perangkat android kita keorang lain ada baiknya kan kalo kita coba root sendiri.

       Tapi saya tidak bertanggung jawab jikalau ada satu kerusakan pada perangkat android anda akibat sudah terbukanya akses SuperUser-nya, jadi berhati-hatilah dan bijaklah dalam melakukan perombakan pada System android anda, jika memang benar-benar belum 100% yakin dengan resikonya mending jangan dilakukan.

Oke sekarang mari kita siapkan resepnya buat menu dinner rootting Android nya :D
              1.       PC/Laptop kalo tidak punya ke warnet saja ya, ke warnet saya juga boleh heheh (emot cengar-cengir).

              2.      Kabel data

              3.      Driver perangkat android anda. Bisa dari CD bawaan kalo nggak ada bisa cari di google. Atau bisa juga gunakan PDAnet, mobogenie dan snapea.

              4.      Ini yang paling penting. Vroot. Bisa anda dapat di situs resminya disini. Atau bisa juga via 4shared disini

       Kalo sudah terdowload semua sekarang mari kita mulai memasaknya. Malah kayak acara masak memasak ya :D

       Pertama tancapkan HH ke PC/Laptop melalui kabel Usb,nyalakan USB debug pada Adnroid anda dan install drivernya. Pastikan driver benar-benar terpasang jika tidak Vroot nggak bakal ngenalin perangkat kita. Bagi yang perangkatnya udah terdeteksi sama Vroot nggak usah install PDAnet, mobogenie, auto snapeanya. Tapi bagi yang masih belum keretek juga coba instal salah satu dari aplikasi tersebut di PC untuk bantuan dalam memasang driver HH anda. Nah saya anggap sudah beres masalah driver.

       Sekarang kita buka Vroot. Dan biarkan aplikasi ini mendetek driver HH kita seperti penampakan di bawah ini.



       Nah jika hasilnya masih kayak gambar dibawah ini berati HH masih belum dikenali sama Vroot, pastikan tulisan yang terlingkari ini, yang apa artinya saya juga tidak Tau. Kalo da keretek tulisan yang telingkari tersebut akan muncul tulisan model dari perangkat android milik agan dan sista. Kalo udah tekan aja tombol warna ijo dipojok bawah.


       Tunggu saja sebentar tidak sampai satu menit android anda akan reboot, setelah itu lihat hasil penampakan di Vroot udah kayak ini belom

       
       Atau lihat aplikasi SuperUser dalam bahasa cina yang berlambang perisai biru sudah terinstall di Android anda. Jika sudah,,,,, selamat ya,,,, android anda sudah tar-root dengan sukses dan aman tanpa bootloop


       Kelemahan Vroot ini Cuma dalam bahasanya. Kalo peformanya lebih joss tanpa buka titik,,,, :D itu sih menurut saya. Heheh. dibanding SuperUser biasa auto superSu. Karena dalam superUser milik Vroot ini ada plusnya dalam membersihkan RAM kita dan menu lainnya yang saya juga nggak ngerti itu menu apaan yak...!!!


       Coba lihat gambar ini


       Tulisan yang terlingkari adalah RAM yang Free

       Dengan menekan tombol yang ada tulisan cina ini otomatis superuser akan menghentikan beberapa aplikasi.


       Dan lihat hasinya.



       Jika agan dan sista tidak suka dengan SuperUser milik Vroot agan bisa ganti superUser lambang perisai biru itu sama SuperUser berbahasa Inggris auto bisa ganti dengan SuperSu yang sudah suport bahasa Indonesia, kedua superuser tersebut bisa didapat di playstrore auto Market android. Agan tinggal instal aja superUser atau SuperSu-nya setelah terinstal. Buka pengaturan superUser/SuperSu cari Update Binary. Jika update da sukses, segera hapus superUser lambang perisai biru. Dan sekarang superUser agan da tergantikan sama SuperUser bahasa Inggris auto SuperSu yang berbahasa Indonesia.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Kalau ada pertanyaan silakan Koment atau bisa inbox atau follow Google+ saya. 

2 komentar:

  1. makasih gan ... udh work di HH nexian a850 ane .. tpi sayang nya ane gk ngerti bahasanya .. klo bisa jelasin dong fungsi dari bagian'' super user nya ... biar bias di oprek :V

    BalasHapus
    Balasan
    1. meme gan. kalo fungsi lainnya nyusul ntar gan. kalo mau oprek2 system silakan lewat app lain ajah. karena super user hanya sebagai alat permision aja.

      makasih kujungannya

      Hapus