Minggu, 10 November 2013

Partisi SD-CARD, Harddisk, Flashdisk

Bagaimana kabarnya sobat mana-androidmu. Sehat bukan? Ya semoga sobat mana-androidmu yang ganteng dan cantik2 ini selalu diberi kesehatan sama tuhan YME, do`ain penulisnya juga sehat selalu yak,,,, hehehe

mana-androidmu akan share tentang cara partisi perangkat penyimpanan seperti sdcard, HDD, atau flashdisk dengan sangat mudah dan dengan banyak pilihan atau aturan yang dapat digunakan. Nama aplikasi ini adalah Minitool Partition Wizard.

Kali ini yang akan saya bagikan dan saya gunakan untuk tutorialnya adalah minitool Profesional
Link Downloadnya ada dibawah

Extrax dan Install minitool, ikuti petunjuk installasi sampai selesai.

Jika sudah mari kita coba partisi sdcard, oh iya kenapa saya pake sdcard sebagai tutorialnya? Pasti sudah pada tau jawabannya kan?...... yup. Karena sdcard dibutuhkan pada perangkat android untuk penyimpanan ke-2 atau untuk me-link-kan aplikasi ke External dan itu semua harus dipartisi dahulu sdcardnya, nah kalo gitu segera tancapkan sdcard pada PC atau laptop anda yang sudah terinstall minitool dengan CardRider atau adapter sdcard.

Mulai langkah awal buka minitool>klik pada driver sdcard kita>klik delete.


Maka sdcard akan menjadi Unallocated, klik create dan jadikan seperti dibawah ini.



Jika sudah klik ok.

Oh iya. Kalau untuk sdcard ini semua harus menjadi Primary. Kalau untuk HDD atau Flashdisk itu tergantung kebutuhan anda.

Lanjut!!!
Klik lagi pada yang unallocated dan klik create jadikan seperti gambar dibawah ini, akan tetapi untuk pilihan file System sobat bisa memilih sesuai dengan perangkat android sobat suportnya dengan file System yang mana, disitu ada pilihan untuk partisi kedua pada sdcard adalah FAT, ext2, ext3, dan ext4 silakan pilih pasti salah satu dari file System tersebut suport pada android sobat, saya pernah artis sdcard untuk partisi kedua ini ganti-ganti sampai akhirnya yang suport dengan android saya adalah file System FAT yang sebelumnya saya sudah partisi dengan ext2, ext3,dan ext4 tapi tidak bisa terdeteksi oleh perangkat saya, lanjut ya,,,,
Kaya` ini bentuknya



Dan klik OK, jika sudah klik lagi sisa dari file yang terakhir atau file yang Unallocated, dan jadikan seperti ini.



Kenapa Linux swap? Karena linux swap pada beberapa perangkat android yang versinya 2.3 atau Gingerbread ke atas berjalan dengan baik, dan fungsi dari linux swap sendiri adalah Memori External tambahan untuk RAM android.

Lanjut lagi ke topik. Klik OK untuk membuat partisi linux swapnya. Jika sudah maka klik tombol apply di pojok atas seperti gambar di bawah ini.



Tunggu proses hingga selesai.
Cabut sdcard dari pc/laptop. silakan tancapkan kembali ke pc/laptop untuk melihat hasilnya. Atau langsunga aja pasang pada Android anda.

Lama prosesnya tergantung dari besar kecilnya ukuran file disk yang kita partisi. Dan akan lama lagi jika disk atau sdcard belum di format.

Klik Disini untuk Download
Password RAR : davunet

Selamat mencoba dan semoga jadi manfaat.
Shared dan jangan lupa sertakan Link tautan Blog ini ya
Tinggalkan komentar jika ada pertanyaan atau ada kesalahan penulis


Ateng Jualan Kayu dari Atas Gunung. Thanks You dah Berkunjung  :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar